Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2

Berikut ini adalah berkas Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2. Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2 ini terdiri dari Buku Guru dan Buku Siswa. Download file format PDF.

 Berikut ini adalah berkas Buku Tematik Kurikulum  Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2
Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2

Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2

Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi salah satu berkas Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Semester 2:

Buku ini merupakan buku guru dan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku guru ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013.

Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai siswa. Selain itu juga dirumuskan proses pembelajaran dan penilaian yang diperlukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diinginkan. Buku yang ditulis mengacu pada kurikulum 2013 ini dirancang dengan meng­ gunakan proses pembelajaran yang sesuai untuk mencapai kompetensi yang sesuai dan diukur dengan proses penilaian yang sesuai.

Kompetensi yang diharapkan dari seorang lulusan SD/MI adalah kemampuan pikir dan tindak yang produktif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret. Kemampuan lain yang diharapkan dalam kompetensi inti, salah satunya adalah kemampuan untuk menyajikan pengetahuan dalam bahasa yang jelas, logis dan sistematis, dalam karya yang estetis, atau dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak sehat, beriman, dan berakhlak mulia. Kompetensi itu dirancang untuk dicapai melalui proses pembelajaran berbasis penemuan (discovery learning) melalui kegiatan­ kegiatan berbentuk tugas (project based learning), dan penyelesaian masalah (problem solving based learning) yang mencakup proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan.

Buku Seri Pembelajaran Tematik Terpadu untuk Siswa Kelas VI SD/MI ini disusun berdasarkan konsep itu. Sebagaimana lazimnya buku teks pelajaran yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, buku ini memuat rencana pembelajaran berbasis aktivitas dan urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan­kegiatan yang harus dilakukan siswa. Buku ini juga mengarahkan hal­ hal yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman sekelasnya untuk mencapai kompetensi tertentu; bukan buku yang materinya hanya dibaca, diisi, atau dihafal.

Pencapaian kompetensi terpadu menuntut pendekatan pembelajaran tematik terpadu, yaitu mempelajari semua mata pelajaran secara terpadu melalui tema­tema kehidupan yang dijumpai siswa sehari­hari. Siswa diajak mengikuti proses pembelajaran transdisipliner yang menempatkan kompetensi yang dibelajarkan dikaitkan dengan konteks siswa dan lingkungan. Materi­materi berbagai mata pelajaran dikaitkan satu sama lain sebagai satu kesatuan, membentuk pembelajaran multidisipliner dan interdisipliner, agar tidak terjadi ketumpangtindihan dan ketidakselarasan antarmateri mata pelajaran. Tujuannya, agar tercapai efisiensi materi yang harus dipelajari dan efektivitas penyerapannya oleh siswa.

Buku ini merupakan penjabaran dari hal­hal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan Kurikulum 2013, siswa diajak berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru dapat memperkaya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, dan budaya.

Tentang Buku Panduan Guru
Buku ini disusun agar guru mendapat gambaran yang jelas dan rinci dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Buku ini berisi:
  1. jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa kompetensi dasar (KD) dan indikator dari berbagai mata pelajaran,
  2. kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir,
  3. pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas dan pribadi reflektif,
  4. berbagai teknik penilaian peserta didik,
  5. informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan,
  6. kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar peserta didik di rumah, dan
  7. petunjuk penggunaan buku peserta didik.
Kegiatan pembelajaran di buku ini didesain untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) peserta didik melalui aktivitas yang bervariasi. Aktivitas tersebut meliputi:
  1. membuka pelajaran yang menarik perhatian peserta didik, seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memberikan masalah dan sebagainya,
  2. menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan),
  3. memantik pengetahuan peserta didik yang diperoleh sebelumnya agar peserta didik bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari,
  4. pemberian tugas yang bertahap guna membantu peserta didik memahami konsep,
  5. penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi,
  6. pemberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari, dan
  7. pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman peserta didik. 

Bagaimana Menggunakan Buku Panduan Guru
Buku Panduan Guru memiliki dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan buku peserta didik dan sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas.

Mengingat pentingnya buku ini, disarankan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.
  1. Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
  2. Pahamilah setiap Kompetensi Dasar dan Indikator yang dikaitkan dengan tema.
  3. Upayakan untuk mencakup Kompetensi Inti (KI)-1 dan KI-2 dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melakukan penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan perilaku positif.
  4. Dukunglah ketercapaian KI-1 dan KI-2 dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
  5. Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang berhubungan dengan buku peserta didik sesuai dengan halaman yang dimaksud.
  6. Kembangkan ide-ide kreatif dalam memilih metode pembelajaran. Temukan juga kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya, peserta didik tidak bisa mengamati tanaman di luar kelas pada saat hujan).
  7. Beragam strategi pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya peserta didik bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, dan menggambar), selain melibatkan peserta didik secara langsung, diharapkan melibatkan warga sekolah dan lingkungan sekolah.
  8. Guru diharapkan mengembangkan: a. metode pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM), b. keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi, c. keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, dan d. keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.
  9. Gunakanlah media atau sumber belajar alternatif yang tersedia di lingkungan sekolah.
  10.  Pada semester 2 terdapat 4 tema. Setiap tema terdiri atas 3 subtema. Masing-masing subtema diuraikan menjadi 6 pembelajaran. Setiap pembelajaran diharapkan selesai dalam 1 hari.
  11. Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu.
  12. Aktivitas minggu ke-4 berupa berbagai kegiatan yang dirancang sebagai aplikasi dari keterpaduan gagasan pada subtema 1–3. Berbeda dengan subtema 1–3, kegiatan minggu ke-4 diarahkan untuk mengasah daya nalar dan berpikir tingkat tinggi. Kegiatan dirancang untuk membuka kesempatan bertanya dan menggali informasi yang dekat dengan keseharian peserta didik.
  13. Perkiraan alokasi waktu dapat merujuk pada struktur kurikulum. Meskipun demikian, alokasi waktu menurut mata pelajaran hanyalah petunjuk umum. Guru diharapkan menentukan sendiri alokasi waktu berdasarkan situasi dan kondisi di sekolah dan pendekatan tematik-terpadu.
  14. Buku siswa dilengkapi dengan bahan-bahan latihan yang sejalan dengan pencapaian kompetensi.
  15. Hasil karya peserta didik dan bukti penilaiannya dapat dimasukkan ke dalam portofolio peserta didik.
  16. Sebagai upaya perbaikan diri, buatlah catatan refleksi setelah satu subtema selesai. Misalnya faktor-faktor yang menyebabkan pembelajaran berlangsung dengan baik, kendala-kendala yang dihadapi, dan ide-ide kreatif untuk pengembangan lebih lanjut.
  17. Libatkan semua peserta didik tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap peserta didik cerdas dalam keunikan masing-masing. Dengan demikian, pemahaman tentang kecerdasan majemuk, gaya belajar peserta didik dan beragam faktor penyebab efektivitas dan kesulitan belajar peserta didik, sangat dibutuhkan.
  18. Demi pencapaian tujuan pembelajaran, diperlukan komitmen guru untuk mendidik sepenuh hati (antusias, kreatif, penuh cinta, dan kesabaran).

Kerja Sama dengan Orang Tua
Secara khusus, di setiap awal sub tema Buku Siswa, terdapat lembar untuk orang tua yang berjudul ‘Kerja sama dengan orang tua’. Halaman ini berisi materi yang akan dipelajari, aktivitas belajar yang dilakukan anak bersama orangtua di rumah, serta saran agar anak dan orang tua bisa belajar dari lingkungan. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat dengan aktivitas belajar anak. Saran-saran untuk kegiatan bersama antara peserta didik dan orang tua dicantumkan juga pada akhir setiap pembelajaran. Guru diharapkan membangun komunikasi dengan orang tua sehubungan dengan kegiatan pembelajaran yang akan melibatkan orang tua dan peserta didik di rumah.

Tentang Buku Siswa Pembelajaran Tematik Terpadu
  1. Buku Siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
  2. Buku Siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan buku sebagaimana dituangkan dalam Buku Guru.
  3. Kegiatan pembelajaran yang ada di Buku Siswa lebih merupakan contoh yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Guru atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.
  4. Pada semester 2 terdapat 4 tema. Tiap tema terdiri atas 3 subtema yang diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari. Kegiatan pada setiap pembelajaran diarahkan untuk mengasah daya nalar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
  5. Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu. Pada minggu ke-4 diisi dengan kegiatan Proyek dan Literasi, yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan membaca dan rasa cinta membaca kepada siswa.
  6. Struktur penulisan buku, semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman belajar bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul Ayo Berdiskusi, Ayo Membaca, Ayo Menulis, Ayo Mengamati, Ayo Mencoba, Ayo Berlatih, Ayo Bernyanyi, Ayo Renungkan, dan Kerja Sama dengan Orang Tua.
  7. Buku ini dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah.
  8. Buku Siswa ini berbasis kegiatan (activity based) sehingga memungkinkan bagi para siswa dan guru untuk melengkapi materi dari berbagai sumber.
  9. Di sekolah, guru dan siswa dapat mengembangkan dan/atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan sekolah, guru, dan siswa, yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lebih terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatih, dan sikap yang dikembangkan. Di rumah, orang tua bersama siswa dapat mengembangkan dan/atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan orang tua dan siswa.
  10. Kegiatan-kegiatan dalam buku ini sedapat mungkin memaksimalkan potensi semua sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar. Setiap kegiatan dapat disesuaikan dengan kondisi siswa, guru, sekolah, dan lingkungan.
  11. Pada beberapa bagian dalam Buku Siswa ini diberikan ruang bagi siswa untuk menuliskan laporan, kesimpulan, penyelesaian soal, atau tugas lainnya. Namun, sebaiknya dalam menuliskan berbagai tugas tersebut siswa tidak terpancang pada ruang yang diberikan. Apabila dirasa kurang, siswa dapat menuliskannya pada buku tugas.

    Download Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2 ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Semester 2



    Download File:

    Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 1 Semester 2

    Buku Guru Kelas 1 Tema 5 Pengalamanku.pdf
    Buku Guru Kelas 1 Tema 6 Lingkungan Bersih, Sehat dan Rapi.pdf
    Buku Guru Kelas 1 Tema 7 Benda, Hewan dan Tanaman Di Sekitarku.pdf
    Buku Guru Kelas 1 Tema 8 Peristiwa Alam.pdf
    Buku Siswa Kelas 1 Tema 5 Pengalamanku.pdf
    Buku Siswa Kelas 1 Tema 6 Lingkungan Bersih, Sehat dan Rapi.pdf
    Buku Siswa Kelas 1 Tema 7 Benda, Hewan dan Tanaman Di Sekitarku.pdf
    Buku Siswa Kelas 1 Tema 8 Peristiwa Alam.pdf

    Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 2 Semester 2

    Buku Guru Kelas 2 Tema 5 Pengalamanku.pdf
    Buku Guru Kelas 2 Tema 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan.pdf
    Buku Guru Kelas 2 Tema 7 Kebersamaan.pdf
    Buku Guru Kelas 2 Tema 8 Keselamatan Di Rumah dan Di Perjalanan.pdf
    Buku Siswa Kelas 2 Tema 5 Pengalamanku.pdf
    Buku Siswa Kelas 2 Tema 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan.pdf
    Buku Siswa Kelas 2 Tema 7 Kebersamaan.pdf
    Buku Siswa Kelas 2 Tema 8 Keselamatan Di Rumah dan Di Perjalanan.pdf

    Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 3 Semester 2

    Buku Guru Kelas 3 Tema 5 Permainan Tradisional.pdf
    Buku Guru Kelas 3 Tema 6 Indahnya Persahabatan.pdf
    Buku Guru Kelas 3 Tema 7 Energi dan Perubahannya.pdf
    Buku Guru Kelas 3 Tema 8 Bumi dan Alam Semesta.pdf
    Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Permainan Tradisional.pdf
    Buku Siswa Kelas 3 Tema 6 Indahnya Persahabatan.pdf
    Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Energi dan Perubahannya.pdf
    Buku Siswa Kelas 3 Tema 8 Bumi dan Alam Semesta.pdf

    Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 4 Semester 2

    Buku Guru Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku.pdf
    Buku Guru Kelas 4 Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku.pdf
    Buku Guru Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku.pdf
    Buku Guru Kelas 4 Tema 9 Kaya Negeriku.pdf
    Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku.pdf
    Buku Siswa Kelas 4 Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku.pdf
    Buku Siswa Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku.pdf
    Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Kaya Negeriku.pdf

    Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 5 Semester 2

    Buku Guru Kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya.pdf
    Buku Guru Kelas 5 Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan.pdf
    Buku Guru Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita.pdf
    Buku Guru Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda Di Sekitar Kita.pdf
    Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya.pdf
    Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan.pdf
    Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda Di Sekitar Kita.pdf
    Buku Siswa Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita.pdf

    Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 6 Semester 2

    Buku Guru Kelas 6 Tema 6 Menuju Masyarakat Sehat.pdf
    Buku Guru Kelas 6 Tema 7 Kepemimpinan.pdf
    Buku Guru Kelas 6 Tema 8 Bumiku.pdf
    Buku Guru Kelas 6 Tema 9 Menjelajah Luar Angkasa.pdf
    Buku Siswa Kelas 6 Tema 6 Menuju Masyarakat Sehat.pdf
    Buku Siswa Kelas 6 Tema 7 Kepemimpinan.pdf
    Buku Siswa Kelas 6 Tema 8 Bumiku.pdf
    Buku Siswa Kelas 6 Tema 9 Menjelajah Luar Angkasa.pdf


    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Tematik Kurikulum 2013 SD MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 2. Semoga bisa bermanfaat.

    Berbagai Sumber

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel