Rpp Sains Berkarakter Terbaru (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         :   ...........................
Mata Pelajaran            :   SAINS
Kelas/Semester             :   V/ 1
Materi Pokok               :   Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Waktu                          :   8 x 45 menit (4 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah dan praktek


A.    Standar Kompetensi       :
1. Mengidentifikasi fungsi organ badan insan dan hewan

B.     Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ badan manusia.
1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan binatang contohnya ikan dan cacing tanah.

C.    Tujuan Pembelajaran**:
o   Siswa sanggup Menyebutkan potongan badan yang berperan sebagai pernapasan
o   Siswa sanggup Memahami istilah dari
-   Diagfragma
-   Gelambir
-   Pleura
-   Bronkus
- Alveolus
- Pundi-pundi
- Labirin
- Stigma
o   Siswa sanggup Memahami pernapasan dada dan pernapasan perut
o   Siswa sanggup Memahami proses pernapasan pada :
-   Manusia
-   Burung
-   Reptil
-   Amfibi
-   Ikan
-   Serangga
-   Cacing

o   Siswa sanggup Mendeskripsikan alat pernapasan hewan

& Karakter siswa yang diperlukan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial
Organ badan insan dan hewan
o   Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan

E.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas V
o   Stoples plastik bening besar Pipa kecil bercabang tiga, Plastisin, Karet gelang, Sedotan, Tiga balon kecil, Lakban, Gunting, Silet.
F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
1.      Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
2.      Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam acara eksplorasi, guru:
F Siswa sanggup Memahami peta konsep wacana alat pernapasan
F Menyebutkan potongan badan yang berperan sebagai pernapasan
-   Paru-paru
-   Hidung
-   Tenggorokan
F Memahami istilah dari
-   Diagfragma
-   Gelambir
-   Pleura
-   Bronkus
-   Alveolus

F Memahami pernapasan dada dan pernapasan perut
F Memahami proses pernapasan
F melibatkan penerima didik secara aktif dalam setiap acara pembelajaran; dan
F memfasilitasi penerima didik melaksanakan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam acara elaborasi, guru:
  •  membiasakan penerima didik membaca dan menulis yang bermacam-macam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
  •  memfasilitasi penerima didik melalui pinjaman tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan gres baik secara verbal maupun tertulis;
  • memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menuntaskan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  •  memfasilitasi penerima didik menciptakan laporan eksplorasi yang dilakukan baik verbal maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  •  memfasilitasi penerima didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam acara konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab wacana hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memperlihatkan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
3.      Penutup
o   Mengulang proses pernapasan


(5 menit)
4.      Pekerjaan Rumah
o  


Pertemuan ke-2
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang bahan pertemuan sebelumnya
o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam acara eksplorasi, guru:
F Siswa sanggup Melakukan acara
F melibatkan penerima didik secara aktif dalam setiap acara pembelajaran; dan
F memfasilitasi penerima didik melaksanakan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam acara elaborasi, guru:
F membiasakan penerima didik membaca dan menulis yang bermacam-macam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi penerima didik melalui pinjaman tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan gres baik secara verbal maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menuntaskan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi penerima didik menciptakan laporan eksplorasi yang dilakukan baik verbal maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi penerima didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam acara konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab wacana hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memperlihatkan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan dari acara 1.1


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   tugas 1.1


Pertemuan ke-3
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang bahan pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi
o   Memahami peta konsep wacana alat pernapasan pada hewan

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam acara eksplorasi, guru:
F Siswa sanggup Mendeskripsikan alat pernapasan hewan
-   Burung
-   Reptil
-   Amfibi
-   Ikan
-   Serangga
-   Cacing
-   Mamalia

F Memahami istilah dari
-   Pundi-pundi
-   Labirin
-   Stigma

F Memahami proses pernapasan pada :
-   Burung
-   Reptil
-   Amfibi
-   Ikan
-   Serangga
-   Cacing
-   Mamalia

F Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang ialah dengan memakan masakan
F Melibatkan penerima didik secara aktif dalam setiap acara pembelajaran; dan
F memfasilitasi penerima didik melaksanakan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam acara elaborasi, guru:
F membiasakan penerima didik membaca dan menulis yang bermacam-macam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi penerima didik melalui pinjaman tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan gres baik secara verbal maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menuntaskan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi penerima didik menciptakan laporan eksplorasi yang dilakukan baik verbal maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi penerima didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam acara konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab wacana hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan bahwa binatang mempunyai alat pernapasan yang berbeda-beda
(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o    

Pertemuan ke-4
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang bahan pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi.


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& sEksplorasi
Dalam acara eksplorasi, guru:
F Siswa sanggup Memahami bahwa penyakit yang menyerang alat pernapasan insan sanggup diakibatkan oleh pencemaran udara dan serangan kuman
F Memahami tanda-tanda penyakit :
-   Influenza
-   Flu burung
-   Pnemonia
-   Tuberkulosis paru-paru
F Memahami referensi hidup sehat untuk meningkatkan kesehatan alat pernapasan
-   Makan masakan bergizi
-   Berolahraga teratur
-   Istirahat teratur
-   Menjaga kebersihan
-   Menjauhi asap rokok

F Melibatkan penerima didik secara aktif dalam setiap acara pembelajaran; dan
F memfasilitasi penerima didik melaksanakan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam acara elaborasi, guru:
F membiasakan penerima didik membaca dan menulis yang bermacam-macam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi penerima didik melalui pinjaman tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan gres baik secara verbal maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menuntaskan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi penerima didik menciptakan laporan eksplorasi yang dilakukan baik verbal maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi penerima didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Menyebutkan penyakit menyerang alat pernapasan insan jawaban serangan kuman
-   Influenza
-   Flu burung
-   Pnemonia
-   Tuberkulosis paru-paru
& Konfirmasi
 Dalam acara konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab wacana hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan bahwa referensi hidup sehat sanggup menjaga kesehatan alat pernapasan.


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   -


G.    Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengidentifikasi alat pernapasan pada insan dan pada beberapa hewan.

o  Membuat model alat pernapasan insan dan mendemonstrasikan cara kerjanya.

o  Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, contohnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.
o  Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan

Tugas Individu
dan Kelompok



Laporan dan Unjuk kerja






o  Jelaskanlah alat pernapasan pada insan dan pada beberapa hewan.

o  Buatkanlah model alat pernapasan insan dan mendemonstrasikan cara kerjanya.

o  Jelaskanlah penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, contohnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.

o  Jelaskanlah cara memelihara kesehatan alat pernapasan


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel