Contoh Soal Ukg Pedagogik

Ibu Reni, seorang kepala Taman Kanak-kanak sedang asik berdiskusi dengan sahabat sejawatnya wacana susahnya memberikan bahan mengenalkan bahasa yang penuh dengan istilah latin kepada anak di Taman Kanak-kanak kelas B. Dia merasa bahwa anak sangat sukar menghafal istilah abnormal tersebut. Dia meminta pendapat teman-temannya, bagaimana cara mengajarkan bahan tersebut semoga gampang dipahami oleh siswa. Dilihat dari langkah-langkah PTK ibu Reni sedang berada dalam tahap ....
A. Identifikasi problem
B. Analisis problem
C. Merumuskan problem
D. Merencanakan perbaikan

Seorang kepala sekolah yang melaksanakan pengawasan atau pemantauan proses dan perkembangan pelaksanaan kegiatan maka kepala sekolah melaksanakan kegiatan ....
A. Supervisi
B. Evaluasi
C. Monitoring
D. Inspeksi

Tujuan dibentuknya komite sekolah di Taman Kanak-kanak ialah untuk ....
A. Merupakan organisasi penyeimbang
B. Membantu kelancaran penyelenggaraan pendidikan
C. Membantu terbentuknya kolaborasi
D. Membantu memperoleh proteksi

Profesionalisme kepala sekolah dilandasi oleh prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali ....
A. Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealisme
B. Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketakwaan, dan adat mulia
C. Memiliki tanggung jawab dalam pembelajaran di kelas
D. Memiliki jiwa kewirausahaan dan daya juang

Kemampuan kepala sekolah dalam mengelola pembelajaran penerima didik yang meliput pemahaman terhadap penerima didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan pengembangan penerima didik untuk mengaktualisasikan banyak sekali potensi yang dimilikinya merupakn pengertian dari ....
A. Kompetensi profesional
B. Kompetensi sosial
C. Kompetensi pedagogik
D. Kompetensi akademik

 Dalam kegiatan diskusi sering terjadi perbedaan pendapat dari guru dan anggota kelompok. Kepala sekolah dibutuhkan bisa menganalisis perbedaan tersebut dengan cara ....
A. Mengajukan pertanyaan yang menantang guru untuk berpikir
B. Menguraikan dan merangkum pendapat sampai menjadi terang
C. Meneliti apakah pendapat guru memiliki dasar yang besar lengan berkuasa
D. Memfasilitasi semua perbedaan yang berkembang

Pentebaran kesempatan berpartipasi dalam pengembangan sekolah sanggup dilakukan dengan cara ....
A. Mendorong guru untuk mengomntari temannya
B. Memberikan waktu untuk berpikir dalam menciptakan kegiatan
C. Memfasilitasi semua perbedaan yang berkembang
D. Mengajak guru menilai proses dan hasil pelaksanaan kegiatan sekolah
 

Orientasi pengembangan iklim dan budaya organisasi oleh kepala sekolah bagi guru-guru ialah supaya guru-guru ....
A. Mendapatkan kesejahteraan yang memadai
B. Memiliki kemampuan yang diisyaratkan sebagai guru profesional
C. Merasa dihargai atas tugas yang dilanjutkannya
D. Memiliki tanggung jawab yang tinggi terhadap profesinya

 Kepala sekolah menunjukkan bimbingan kepada guru melalui kegiatan ....
A. Supervisi
B. In Service Training
C. On Service Training
D. Minitoring

Kemampuan proses berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah budi tapi masih terikat dengan objek-objek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri anak berusia ....
A. 0 - 2 tahun
B. 2 - 7 tahun
C. 7 - 11/12 tahun
D. 11/12 - 14/15 tahun

Kegemaran anak akan dongeng/cerita yang bersifat kritis ibarat riwayat pahlawan, kisah perjalanan dan lain-lain merupakan ciri-ciri anak berusia ....
A. 3 - 5 tahun
B. 6 - 8 tahun
C. 10 - 12 tahun
D. 15 - 18 tahun
Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel